Skip to main content

Menu Buka Puasa Favorite

Bulan Ramadhan sebentar lagi datang, gegap gempitanya sudah mulai terasa mulai dari langit yang terlihat lebih indah dan pembicaraan dari bangun sahur akan jam berapa, menu sahur hingga aktivitas di siang hari hingga menu buka puasa favorite keluarga kecilku.

Menu buka puasa ini terbilang sederhana, sangat sederhana hingga membuatnya juga sederhana. Ramadhan tahun ini adalah tahun ke lima membuatkan menu buka puasa untuk suami tercinta. Hampir tidak pernah ketinggalan untuk membuatkan menu ini.


Namanya Bakwan Goreng Siram Bumbu Kacang, maksa sih bikin namanya...tapi memang kenyataanya seperti itu. Bakwan goreng yang disiram bumbu kacang tanah disajikan dengan teh manis seringkali hadir disetiap menu buka puasa, bisa jadi itulah Menu Buka Puasa Favorite keluarga kecil kami.


Berikut adalah resep yang pastinya hampir semuanya tahu,
Bahan-bahan:
  1. Tepung terigu 250 gr
  2. Bumbu halus : bawang putih, ketumbar dan garam
  3. Wortel potong korek api tipis-tipis
  4. Tauge panjang, aku beli 1.000 rupiah
  5. Kol (aku tidak pernah menggunakan)
  6. Air matang
  7. Minyak goreng
  8. Kacang tanah 250 gr
  9. Bumbu untuk sambal : cabe merah, bawang putih, garam, jika suka menggunakan kencur atau daun jeruk dan gula merah
Cara membuat
  1. Campur potongan wortel, tauge dan diremas-remas, 
  2. Masukkan bumbu halusnya
  3. Masukkan tepung terigu
  4. Aduk dan tuang perlahan air matang hingga siap untuk digoreng
  5. Goreng tidak terlalu keras, supaya teksturenya bagus
  6. Goreng kacang tanah
  7. Tumbuk menggunakan alat penumbuk/ blender
  8. Haluskan bumbu sambel
  9. Campurkan bumbu sambel dengan kacang tanah yang telah ditumbuk
  10. Tuang air matang dan campur dengan sambel kacang
Penyajiannya
  1. Potong-potong bakwan yang telah digoreng ukuran sedang
  2. Siram dengan sambel kacang
  3. Beri senyuman dan kecupan untuk orang terkasih.
Jakarta, Juni 2013

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Memasak Spaghetti La Fonte

Horaaaay, akhirnya waktunya tiba untuk memasak Spaghetti La Fonte setelah menunggu setengah hari. Semoga anakku suka. Aku membaca petunjuk memasaknya, siip, ini benar-benar instant. Yang pertama aku cari adalah isi dari kemasan hijau ini. Spagehetti Bolognaise yang pertama aku masak *kecanduan drama korea 'Pasta'  Dok. Pribadi Aku bersiap-siap mengikuti petujuk sang Chef..., ketika terbuka, ogh syukurlah sudah ada saosnya * aku kepikiran bagaimana rupa saosnya? *beginilah setelah dibuka, hm.... Dok. Pribadi Menurut informasinya, cukup dimasak empat menit. Baiklah, aku tunggu dengan sedikit mengaduk *takut lengket, karena kalau lengket Spaghetti rasa bubur dach. Sedikit informasi yang aku baca, menyeduh spaghetti dengan air yang sedikit akan membuat spaghetti lengket. Dok. Pribadi Tidak sampai lima menit, seperti yang diinformasikan. Spaghetti sudah tidak kaku lagi, hm....akhirnya aku memasak Spaghetti. Aku tiriskan dengan menggunakan alat untuk meni

Resep Kue Bolu Menggunakan Teflon

Bagaimana kabarnya puasa hari ini? buka puasa pakai apa sodara-sodara? Alhamdulillah ya bisa berbuka puasa dengan senyum dan keikhlasan. Ikhlas menyantap sisa terakhir kolak pisang paling enak sedunia, bikinan ibu ter, cinta. Duh, kasihan, macet di jalanan ya? Seorang ibu merupakan chef paling hebat dan selalu dikangenin. Aku selalu kangen dengan kue bolu buatan ibuku. Ibuku paling suka membuat kue bolu panggang untukku. Aku masih inget banget, beliau membuatkan bolu panggang untuk menyambut aku setelah selesai EBTANAS. Jaman apa aku tulis ebtanas coba? Ketika aku kangen kue bolu panggang buatan ibuku, biasanya kubeli kue bolu di toko kue dekat rumah. Rasanya gimana? rasanya beda jauh banget dari yang ibuku buat. Jarang ada yang menyamai bolu buatan ibuku. Kue bolu buatan ibuku memiliki tekstur lembut, empuk dan enggak seret ( apa bahasa Indonesia seret?). Rasanya tidak terlalu manis, tapi juga enggak begitu asin. Aku suka bagian pinggir kue bolu buatan ibuku. Bagian ping

Dancow Calcium Plus

Seorang ibu dan seorang chef ala astata resto, resto milik pribadi yang dikonsumsi oleh tiga orang pengunjung setia harus mengkonsumsi setidaknya segelas susu setiap harinya. Berlarian mengejar sang buah hati, memasak dan bergelut dengan debu di rumah sederhana serta menari-nari seharian di depan komputer memungkinkan sang chef kekurangan kalsium. Pilihannya melanjutkan susu pertumbuhan disaat kecil dahulu, Dancow sebuah brand yang masih setia untuk dipilih chef satu ini. Kali ini hadir dalam pasar yang bergenre dewasa, khusus untuk wanita aktif yang masih butuh susu dengan kalsium yang tinggi. Free From Dancow Hadeeh, kali ini yang dipajang adalah not for sale atawa gratis dari beli susu Faiz. Rejeki emak chef emang enggak kemana-mana kok, tenang saja. Hehee, lalu? senikmat itukah minum gratisan? ach...yang penting kalsium tetap terpenuhi, gratis atau beli itu bukan masalah, yang penting Dancow emang woke dah.